TIPS DAN CARA MENGATASI SUARA KASET PITA AGAR TETAP BAIK



Salam semangat dan salam pecinta rilisan fisik,hee...kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang tips dan cara mengatasi suara kaset pita agar tetap baik,

KASET PITA,adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Berasal dari bahasa Perancis, yakni cassette yang berarti "kotak kecil". Kaset berupa pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara. Dari tahun 1970 sampai 1990-an, kaset merupakan salah satu format media yang paling umum digunakan dalam industri musik.

Media player digital yang semakin marak kini telah menggeser media player analog yang semakin lama dianggap semakin usang.Namun demikian banyak juga yang masih setia dengan kaset pita yang sekarang mulai terlupakan,berikut ini adalah masalah yang sering di alami kaset pita berikut tips dan cara merawat kaset pita.
  • Suara menjadi berat untuk di putar
Kaset yang berat untuk di putar biasanya disebabkan oleh gulungan pita pada kaset yang lengket atau banyaknya kotoran di sekeliling gulungan.
Dan kaset yang sering macet ketika di putar dapat disebabkan karna tidak lancarnya rol gulung dalam berputar karena kotoran di sekeliling gulungan.Bisa juga karena terhimpit helai lapisan pinggir di dalam kaset yang telah menjadi kaku.
Tetapi harus dipastikan terlebih dahulu bahwa yang bermasalah memang kasetnya, bukan player-nya. Jika yang bermasalah adalah player-nya maka player tersebut perlu untuk diperbaiki juga.

TAPE DECK JADUL PHILIPS N 2400 made in holland.Klik di bawah
https://zuletalase.blogspot.co.id/2017/09/philips-n2400-made-in-holland2017-zul.html


Tips dan cara mengatasi suara kaset menjadi berat untuk di putar


Tekan-tekan atau pijat-pijat bagian luar kaset di sekeliling kedua rol gulung. Memijat-mijat bagian luar kaset juga dilakukan hingga ke bagian tengah dan pinggir kaset.
Setelah beberapa lama, test apakah kedua rol gulung sudah lancar berputar ataukah belum. Jika belum lancar maka teruskan memijat, jika sudah lancar maka cukupkan saja.
Rol gulung akan dirasakan telah cukup lancar berputar apabila bisa dengan mudah diputar menggunakan jari kelingking.

  • Suara rekaman tumpul 
Suara rekaman yang tumpul (suara mengecil dengan bagian nada-nada treble yang sangat berkurang) biasanya disebabkan oleh sebagian elemen yang membentuk sifat ferro-magnetik pada pita kaset telah rontok dan lalu menjadi serbuk halus yang menempel di permukaan pita kaset. Ketika kaset di-play maka serbuk-serbuk halus ini akan berpindah menempel pada permukaan head, sebagian lagi memenuhi bantalan kaset. Head pun menjadi tidak optimal lagi dalam memungut informasi sinyal suara dari permukaan pita kaset lantaran telah tertutupi serbuk-serbuk yang menempel itu. Akibatnya suara yang dipungut oleh head pun menjadi tumpul.

Tips dan cara mengatasi suara kaset tumpul



kaset

Letakkan sedikit kapas pada celah di atas bantalan dan pita kaset seperti diperlihatkan pada gambar (1) di atas. Setelah itu rekatkan kapas dengan menggunakan tape isolasi seperti diperlihatkan pada gambar (2). Tidak usah terlalu kuat, agak kendur saja.
Masukkan kaset ke dalam cassette-player apa saja seperti mini-compo, radio-tape recorder atau tape-deck. Lakukan “fast-forward” atau menggulung maju kaset hingga gulungan berakhir. Setelah itu lakukan “rewind” atau menggulung ulang mundur kaset hingga gulungan penuh. Setelah selesai satu tahap penggulungan bolak-balik ini keluarkan kaset dan periksalah keadaan kapas, apakah telah banyak kotoran berwarna kecoklatan ? Jika telah banyak kotoran gantilah kapas dengan yang baru dan lakukan tahap penggulungan bolak-balik lagi. Pada setiap tahap penggulungan kapas perlu diperiksa. Sesekali bantalan kaset juga perlu dibersihkan dari kotoran dengan cara digosok-gosok permukaannya hingga serbuk kotoran rontok.

Penggulungan bolak-balik bisa dilakukan hingga beberapa kali. Penggulungan bolak-balik ini dianggap telah cukup apabila pada kapas sudah tidak terdapat noda kecoklatan lagi.
Jika sudah begitu, kaset dinyatakan telah layak untuk di-play. Namun jangan lupa untuk menaikkan sedikit bantalan kaset agar pita dapat bergerak rapat bersentuhan dengan head ketika kaset di-play. Juga jangan lupa untuk membersihkan permukaan pungut head yang sebelumnya telah kotor.

  • Pita kaset berjamur
Biasanya kaset pita berjamur di sebabkan karena cara penyimpanan yang lama dan asal-asalan.Padahal jamur adalah penyakit pita kaset yang sering sekali terjadi

Tips dan cara mengatasi suara kaset tumpul

Bersihkan terlebih dahulu pita kaset menggunakan alkohol,setelah kondisi pita kaset sudah kering,maka simpan kaset dengan posisi vertical.cara ini di lakukan agar kedudukan pita kaset tidak bergeser.Simpan juga kaset di dalam rak yang memiliki rongga atau celah,agar sirkulasi udara bisa keluar masuk yang mencegah tumbuhnya jamur.

Nah...sampe di sini dulu kawan,semoga wacana di atas bisa membantu masalah-masalah penyakit kaset yang sering terjadi.silahkan beri komentar jika ada yang kurang atau salah,kunjungi juga facebook saya di https://www.facebook.com/zulmas.rongsok dan juga barang kali agan berminat dengan koleksi barang antik saya bisa di lihat di zuletalase.blogspot.com.makasih



kaset,zul etalase













3 komentar:

Unknown said...

Kan saya juga koleksi kaset seperti itu bagaimana caranya membersihkan kaset yang betjamur tersebuttersebut mohon jawabannya.

Pengelana said...

Min mau tanya, tape deck mobil saya kalau nyetel kaset kadang suaranya hanya besar di kiri, nah kalau dibalik jadi besar di kanan, sebelumnya ga pernah gini. Apakah ada kerusakan dari kaset atau tape decknya ya? Kalau nyetel radio normal stereo kanan kiri

Post a Comment

Popular Posts

JUAL RADIO TJAWANG.radio jadul

 
2011 zul etalase | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs