Cara Menghilangkan Karat Dengan Bahan-Bahan Seadanya


Cara Menghilangkan Karat Dengan Bahan-Bahan Seadanya

Banyak dari kita yang sering mengeluh jika barang kesayangan kita yang terbuat dari besi atau logam mengalami korosi atau berkarat,sering kali kita mencoba untuk menghilangkanya dengan cara menggosok-gosokanya menggunakan amplas.Tapi tahu kah sobat,bahwa ternyata karat juga bisa di atasi dengan alat dan bahan seadanya.Postingan kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara menghilangkan karat dengan bahan-bahan seadanya,so langsung aja gaes.
1. Garam, Bubuk Soda Kue dan Air Jeruk
zul etalase






Ketiga bahan alami tersebut terbukti bisa menghilangkan karat,caranya mudah saja,yakni dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu.Dengan takaran satu setengah sendok garam,satu setengah sendok bubuk soda kue dan sedikit perasan air jeruk.Jika ketiga bahan sudah di campurkan maka oleskanlah bahan tersebut di bagian benda yang berkarat,diamkan kurang lebih satu menit,agar terjadi interaksi yang nantinya akan menghilangkan karat.Jika sudah selesai,tahap selanjutnya lakukan pengelapan dengan lap kering,dan hasilnya karat akan hilang.
2. Cuka
zul etalase











Baik cuka biasa atau pun cuka putih bisa digunakan untuk menghilangkan karat.Caranya mudah saja,hanya dengan membasahi benda yang berkarat dan diamkan selama kurang lebih satu menit,lalu gosok perlahan dengan lap kering secara berulang-ulang,maka karat pun akan hilang.
Perendaman cuka juga dapat di lakukan jika benda yang berkarat di rasa cukup banyak dan susah untuk di hilangkan,lakukan perendaman selama kurang lebih 24 jam agar karat benar-benar terkelupas dengan sendirinya.
3. Asam Oksalat
zul etalase







Asam oksalat merupakan bahan yang cukup membahayakan bagi kulit,gunakan sarung tangan yang berbahan karet guna mencegah interaksi secara langsung
Campuran cairan asam oksalat dengan air panas. Setelah tercampur dengan rata,siramkan cairan asam oksalat pada benda yang berkarat ,bisa juga rendam benda tersebut ke dalam cairan tersebut. Tunggu kurang lebh satu menit agar keduanya saling bereaksi. Setelah itu gosok dengan menggunakan spons berbahan dasar almunium foil (spon berbahan dasar kawat) lalu lap dengan kain lap kering. Gosok secara merata berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang sempurna dan lebih baik.
4. Bahan Bakar Solar
zul etalase











Solar selain di gunakan untuk bahan bakar ternyata juga baik untuk menghilangkan karat,solar juga bersifat merawat dan mencegah kembalinya karat.Penggunaanya cukup sederhana,hanya dengan menyiramkan di bagian benda yang berkarat.lalu gosok dengan spon yang terbuat dari almunium foil.Solar juga baik untuk merawat benda yang terbuat dari besi agar terhindar dari korosi atau karat.
5. Minuman Bersoda atau Soft Drink
zul etalase






Minuman bersoda atau soft drink ternyata bisa di jadikan bahan untuk menghilangkan karat,minuman yang biasa kita jumpai setiap hari tidak hanya untuk pelepas dahaga ,namun juga bisa menghilangkan korosi atau karat.Cara praktek nya sederhana,hanya dengan merendam benda yang berkarat dengan minuman bersoda atau soft drink,namun cara ini bisa memakan waktu yang cukup lama,di karenakan proses interaksi dari pada minuman bersoda yang cukup lambat.
Jika benda sudah di rendam dengan minuman bersoda atau soft drink,maka yang harus perlu di lakukan hanyalah menggosoknya dengan spon yang terbuat dari almunium foil,gosok secara merata agar mendapatkan hasil yang maksimal,setelah selesai bilas benda dengan air  tawar,guna untuk menghilangkan sisa-sisa karat yang masih menempel.lalu keringkan.

Gimana sobat,bahan-bahan di atas ialah bahan-bahan yang sering kita jumpai namun sering juga kita tidak mengetahui kegunaan lainya.Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kitta semua,tulis komentar jika masih  ada yang kurang atau salah yah.
Salam Semangat !






0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

JUAL RADIO TJAWANG.radio jadul

 
2011 zul etalase | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs